Pemerintah Jokowi Perlu Antisipasi Kebijakan The Fed

Image title
Oleh
3 September 2014, 14:29
Pertumbuhan EkonomI
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Indonesia perlu mengantisipasi rencana kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS). Diperkirakan the Federal Reserve akan mengeluarkan kebijakan tersebut pada awal tahun depan.

Ekonom Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono mengatakan, dampak dari kebijakan tersebut sudah terlihat dari pergerakan nilai tukar rupiah. ?Itulah sebabnya rupiah sejak Mei sulit terapresiasi,? kata dia di Jakarta, Rabu (3/9).

Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan berkah dari kebijakan pembelian surat-surat berharga atau quantitative easing yang dilakukan pemerintah AS sejak krisis ekonomi pada 2008. Hal ini menyebabkan mengalirnya dana ke negara-negara yang sedang berkembang (emerging market).

Membaiknya kondisi perekonomian AS diprediksi menyebabkan terjadinya pembalikan aliran dana keluar dari negara-negara emerging market. ?Ada tanda-tanda pertumbuhan AS perform di atas 2 persen, malah mengarah 2,5 persen,? tutur Tony.

Dia menyebutkan ada dua problem utama yang dihadapi Indonesia saat ini terkait rencana the Fed tersebut. Pertama, defisit neraca transaksi berjalan yang sudah terjadi sejak akhir 2011. Jika ini terus berlangsung bisa mengakibatkan cadangan devisa tergerus.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...