Kenaikan BBM Sebaiknya Sebelum Keputusan The Fed

Image title
Oleh
22 September 2014, 16:07
Pertumbuhan Ekonomi
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Pemerintah mesti memanfaatkan momentum penundaan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Fed. Penundaan tersebut memberikan ruang bagi pemerintah untuk memperbaiki neraca transaksi berjalan.

?Dalam jangka pendek, satu-satunya cara yang paling cepat untuk memperbaiki neraca transaksi berjalan adalah dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM),? kata ekonom Mandiri Sekuritas Aldian Taloputra saat dihubungi Katadata, Senin (22/9).

Persoalan BBM merupakan pokok utama yang menyebabkan bengkaknya defisit neraca transaksi berjalan Indonesia. Berdasarkan data BI, pada kuartal II-2014, defisit neraca transaksi berjalan Indonesia mencapai US$ 9,1 miliar atau 4,27 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Kondisi ini diakibatkan kinerja perdagangan Indonesia yang melempem. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan, selama periode Januari-Juli 2014, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit US$ 1,01 miliar. Penyebabnya adalah defisit dari sektor minyak dan  gas (migas) sebesar US$ 7,7 miliar.

Dalam pandangan Aldian, pelaku pasar keuangan memang sudah memperkirakan kenaikan suku bunga AS tersebut bakal terjadi. Mereka hanya menunggu kepastian waktu dan besaran kenaikan tersebut. (Baca: Kuota BBM Subsidi Habis Pertengahan Desember 2014)

Akan tetapi, kekhawatiran yang muncul di kalangan investor jika the Fed jadi menaikkan suku bunga adalah berkurangnya likuiditas global. Kondisi ini akan memengaruhi negara-negara emerging market, termasuk Indonesia, yang memiliki problem defisit neraca transaksi berjalan.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...