Penurunan Kemiskinan Melambat, Ketimpangan Meningkat

Image title
Oleh
24 September 2014, 15:26
Kemiskinan
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ? Bank Dunia mencatat pengentasan kemiskinan di Indonesia terus melambat. Selama dua tahun terakhir, tingkat kemiskinan hanya turun 0,7 persen. Penurunan terkecil dalam 10 tahun terakhir. Sementara ketimpangan masyarakat terus meningkat.

(Baca: Kelas Menengah Bertambah, Tapi Kesenjangan Makin Lebar)

Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A. Chaves mengatakan mengurangi kemiskinan dan ketimpangan, akan menjadi tantangan yang paling penting bagi pemerintah Indonesia yang baru. Meski upaya pengurangan kemiskinan telah mengalami kemajuan, tetapi di sisi lain, Indonesia menjadi salah satu negara dengan peningkatan ketimpangan tercepat di kawasan Asia Timur.

Bank Dunia menyebut sekitar 68 juta penduduk Indonesia tetap rentan untuk jatuh miskin. Pendapatan masyarakat tersebut hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan keluarga miskin. Guncangan ekonomi seperti jatuh sakit, bencana, atau kehilangan pekerjaan, dengan mudah dapat masyarakat tersebut jatuh miskin.

(Baca: ADB: Negara di Asia-Pasifik Hadapi Ancaman Kemiskinan)

Ketimpangan juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Ini terlihat dari rasio Gini yang meningkat dari 0.30 pada tahun 2000, menjadi sekitar 0.41 pada 2013. Meningkatnya ketimpangan ini membuat Indonesia sulit untuk keluar dari kemiskinan.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...