OJK: Perbankan Akan Turunkan Bunga Kredit 1 Persen

Image title
Oleh
16 Oktober 2014, 19:52
OJK
Donang Wahyu|KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkirakan suku bunga kredit perbankan bisa turun 1 persen dalam waktu 3-4 bulan mendatang. Penurunan suku bunga ini sudah menjadi komitmen perbankan yang tercantum dalam rencana bisnis bank (RBB).

Deputi Komisioner bidang Pengawasan Perbankan OJK Irwan Lubis mengatakan penurunan suku bunga kredit ini sesuai dengan tujuan OJK. Awalnya OJK menetapkan batasan suku bunga deposito agar suku bunga kredit bisa menurun. 

Advertisement

OJK awalnya menetapkan batasan maksimal suku bunga deposito yaitu 9,75 persen untuk deposan bank umum kegiatan usaha (BUKU) III atau bank dengan modal inti 5-30 triliun. Untuk bank besar dengan modal inti di atas Rp 30 triliun (BUKU IV), suku bunga maksimal sebesar 9 persen bagi deposito di atas Rp 2 miliar. Dengan aturan itu, OJK memperkirakan biaya dana bisa turun di kisaran 1,5-1,75 persen dalam 3-4 bulan mendatang. (Baca: OJK Tetapkan Bunga Deposito Maksimal 9,75 Persen)

"Dengan begitu kita harapkan penurunan suku bunga kredit sebesar 1 persen juga sudah bagus," tuturnya di Jakarta, Kamis (16/10).

Berdasarkan pantuan OJK, sudah ada tiga bank BUKU III dan satu bank BUKU IV yang sudah menurunkan suku bunga sesuai ketentuan OJK. Menurut Irwan, OJK memang tak bisa langsung mengharuskan perbankan menurunkan suku bunga kredit pasca penurunan bunga deposito. Sebab bank butuh waktu untuk menghitung penurunan biaya dana yang dikeluarkan. 
"Kan deposito ini umumnya satu bulan dan tiga bulan jatuh temponya, setelah itu baru bisa dihitung cost of fundnya," kata dia.

OJK akan melakukan evaluasi berkala terkait kebijakan suku bunga deposito ini. Bank yang terbukti melanggar akan diberi sanksi berupa pembatasan pertumbuhan kredit karena bisa menyebabkan kredit macet meningkat. Untuk bank yang mengalami kenaikan biaya dana akibat mematok bunga deposito di atas ketentuan, OJK akan memberi sanksi pembatasan pembukaan jaringan kantor.

Irwan berharap dengan penurunan suku bunga kredit ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Dengan penurunan bunga kredit, pertumbuhan kredit naik. Hal ini berarti konsumsi masyarakat juga meningkat.

Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement