Megawati Restui Puan Masuk Kabinet Jokowi

Image title
Oleh
17 Oktober 2014, 22:22
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Tiga orang kader Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) telah mendapatkan restu dari Megawati Soekarnoputri untuk duduk dalam kabinet yang akan dibentuk presiden terpilih Joko Widodo.

Ketiga orang kader partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut adalah Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, dan Pramono Anung. Sumber Katadata yang dekat dengan lingkaran pemerintahan baru tersebut menyebutkan, ketiganya telah disorongkan Ketua Umum PDI-P Megawati kepada Jokowi, kader partainya yang telah terpilih sebagai presiden periode 2014-2019.

?Megawati sudah meng-endorse ketiganya sebagai calon menteri ke Jokowi,? kata sumber Katadata tersebut. (Baca: JK Usul Tiga Calon Menteri)

Puan Maharani adalah salah satu ketua DPP PDI-P dan menjadi ketua Fraksi PDI-P di DPR periode 2009-2014. Kemampuannya sering dipandang sebelah mata lantaran dikaitkan dengan keberadaannya sebagai anak Megawati.

Pada pemilihan umum lalu, dirinya dikabarkan marah terhadap Jokowi lantaran tidak berhasil membawa PDI-P memenangkan 30 persen suara. Ini sekaligus menutup peluangnya menjadi calon wakil presiden.

Tjahjo Kumolo saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDI-P sejak 2009. Dia juga pernah menjabat sebagai ketua Fraksi PDI-P di DPR selama sembilan tahun. Sebagai sekretaris jenderal, dia memiliki kedekatan dengan Megawati sekaligus sebagai penggerak roda partai.

(Baca: Jokowi Pertimbangkan Duet Sri Mulyani-Chatib Basri)

Adapun Pramono Anung adalah mantan sekretaris jenderal PDI-P dan wakil ketua DPR periode 2009-2014. Sempat dikabarkan Megawati mencopotnya sebagai sekretaris jenderal lantaran ada persoalan yang membuat mantan presiden kelima itu kecewa. Pada saat ini, Pramono tidak memiliki jabatan struktural di PDI-P.

Nama ketiga kader PDI-P ini pun masuk dalam prediksi susunan kabinet yang dirilis Indo Barometer, Jumat (17/10). . 

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...