Jokowi-JK Resmi Menjadi Presiden dan Wapres

Image title
Oleh
20 Oktober 2014, 13:00
Katadata
KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI periode 2014-2019. Keduanya mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden pada saat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung MPR/DPR RI.

Jokowi-JK menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono dan menjadi presiden ke tujuh. Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan oleh Jusuf Kalla. 
"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban presiden RI (Wakil Presiden RI) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang Undang Dasar dan menjalankan segala Undang Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Jokowi dan JK secara bergantian.

Setelah mengucapkan sumpah, Jokowi dan Jusuf Kalla mendatangani sumpah pelantikan di hadapan lima pimpinan MPR. Jokowi dan JK kemudian bersalaman dan berganti kursi dengan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Pemandangan itu disambut tepuk tangan meriah dari peserta sidang, terutama saat Jokowi dan SBY berpelukan.

Sesudah pembacaan sumpah, Jokowi menyampaikan pidato pertamanya setelah resmi dilantik menjadi presiden. Rivalnya selama pemilihan presiden, Prabowo Subianto disapanya dengan menyebut sebagai sahabat. "Yang saya hormati rekan dan sahabat saya Bapak Prabowo Subianto,". Sapaan itu disambut Prabowo dengan berdiri dan hormat terhadap Jokowi. Tepukan tangan kembali bergema menyambut momen tersebut.

Dalam pidatonya, Jokowi mementingkan pentingnya mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. Jokowi menyebut samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan peradaban Indonesia. "Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudra, memunggungi selat dan teluk. Kini saatnya kita mengembalikan semuanya," ujar Jokowi.

Jokowi juga mengajak semua elemen bangsa untuk bekerja sama, bekerja keras dan bergotong royong. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada SBY dan Boediono yang telah memimpin pemerintah selama lima tahun terakhir.

Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...