Pasar Respons Negatif Menkeu Pilihan Megawati

Image title
Oleh
21 Oktober 2014, 12:14
bursa-saham-indonesia-2.jpg
KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pencalonan Sri Adiningsih sebagai menteri keuangan menuai kekecewaan. Pelaku pasar keuangan mengharapkan sosok yang sudah dikenal dan memahami seluk beluk pengelolaan keuangan pemerintah.

Kepala Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih mengatakan, ada dua hal yang membuat pasar tidak menyambut pencalonan Sri Adiningsih. Pertama, ekonom Universitas Gadjah Mada itu belum punya rekam jejak dalam pengelolaan keuangan pemerintah.

Kedua, pasar mengenal Sri Adiningsih sebagai orang dekat Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Dengan rekam jejak seperti itu, Presiden Joko Widodo berpotensi melanggar janji. (Baca: Laju IHSG Terganjal Pencalonan Sri Adiningsih sebagai Menkeu)

Padahal dia pernah mengatakan akan memilih menteri keuangan yang berasal dari kalangan profesional, bukan dari kalangan politisi maupun yang ada kedekatan dengan partai politik.

?Artinya ada janji yang dilanggar. Isu mengenai campur tangan Ibu Mega benar adanya,? tutur Lana saat dihubungi Katadata di Jakarta, Selasa (21/10). (Baca: Sri Adiningsih Dinilai Tak Cocok Jadi Menkeu)

Menurut dia, pasar tidak meragukan kapasitas Sri Adiningsih namun sudah terlanjur mengharapkan menteri keuangan dari kalangan profesional. Apalagi tantangan yang bakal dihadapi Indonesia sangat besar, sehingga menteri harus langsung kebut.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...