Bambang Brodjonegoro Dipanggil Jokowi ke Istana

Image title
Oleh
22 Oktober 2014, 13:12
Bambang Brodjonegoro
KATADATA

KATADATA ?  Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (demisioner) terlihat mendatangi kompleks istana presiden pagi ini (22/10). Kedatangan Bambang ini menguatkan spekulasi ditunjuknya Bambang menjadi calon menteri.

Dengan mengenakan batik berwarna hijau, Bambang datang ke istana sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengatakan dirinya diundang Jokowi untuk datang ke istana. Ketika ditanya apakah dalam pertemuannya dengan Jokowi membahas kursi menteri, Bambang membantahnya. "Tidak ada pembicaraan mengenai itu (menteri)," ujar Bambang.

Bambang menjelaskan pertemuannya dengan Jokowi membahas tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Tentunya Presiden ingin tahu gimana kondisi APBN terakhir. Karena APBN kan anggaran pemerintah jadi presiden harus paham kondisi terakhir dan kita harus update yang tentunya paling lengkap," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas mengenai subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Hanya saja tidak dibahas mengenai kenaikkan harga BBM subsidi. "Itu tidak dibahas khusus lah, memangnya sidang kabinet," ujar Bambang.

Menurut dia kenaikkan BBM sangat diperlukan tahun ini. Meski dari segi waktu, berdeatan dengan hari raya Natal dan tahun baru. Namun jika menilik kebutuhan anggaran 2015, kebijakan kenaikan harga BBM lebih baik segera dilakukan.

"Idealnya kalau liat dampak inflasi memang bukan yang ideal. Tapi kalau liat timing akan kebutuhan anggaran dan persiapan 2015 ya memang akan lebih baik tidak dilakukan lebih lama," ujarnya.

Bambang merupakan salah satu kandidat menteri keuangan yang diunggulkan sejumlah pihak, selain Menteri Keuangan Chatib Basri. Informasi yang diperoleh Katadata menyebutkan, pada akhir pekan lalu Bambang sudah dipanggil ke rumah Jusuf Kalla. Namun, ketika ditanyakan soal ini, Bambang pun mengelak. "Tidak benar itu. Saya no comment ya (soal menteri),? ujarnya melalui sambungan telepon, Senin (20/10) lalu. (Baca: Jokowi-JK dan Mega Berseberangan Soal Adiningsih)

Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...