Jokowi-JK dan Mega Berseberangan Soal Adiningsih

Image title
Oleh
22 Oktober 2014, 11:43
Katadata
KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Posisi Menteri Keuangan dalam kabinet pemerintahan baru tampaknya masih menggantung. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dikabarkan tetap tidak sepakat dengan usulan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri yang mengusung Prof. Dr. Sri Adiningsih.

Baik Jokowi maupun JK berpendapat, Adiningsih bukan figur yang tepat untuk menduduki jabatan strategis itu. "Itu pilihan bu Mega,? ujar sumber Katadata. ?Tapi, Jokowi dan JK tetap tidak sreg.?

Advertisement

Sri Adiningsih dalam beberapa hari ini santer dikabarkan bakal menjadi Menteri Keuangan. Teman SMP Jokowi itu dikenal memiliki kedekatan dengan Megawati sejak lama. Ia merupakan salah satu penyusun konsep ekonomi Megawati pada Pemilu 2004 dan tergabung dalam Megawati Institute, lembaga think-tank yang terafiliasi dengan PDI-P.

Spekulasi bakal dipilihnya Sri menjadi Menteri Keuangan kian kencang, setelah Selasa malam lalu ia menjadi pembicara dalam forum diskusi bertajuk ?Outlook Ekonomi 2014? yang diselenggarakan oleh Rotary Club. Dalam forum itu, Sri membahas tentang Prospek Ekonomi Indonesia dalam lima tahun mendatang.

Ketika dimintai konfirmasi, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada ini membantah dirinya diusulkan Megawati sebagai salah satu calon menteri. "Saya tidak pernah dihubungi," ujar Sri di Jakarta.

Halaman:
Reporter: Nur Farida Ahniar, Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement