PT KAI Raih Pinjaman Sindikasi Rp 2,3 Triliun dari 4 Bank Besar

Nur Farida Ahniar
10 November 2014, 13:16
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih kredit sindikasi sebesar Rp 2,3 triliun dari PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Pendanaan itu akan digunakan untuk membiayai proyek pengembangan prasarana Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Jabodetabek.

Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengatakan pinjaman itu terutama untuk membiayai penambahan 10 kereta KRL. Terlebih dengan jumlah penumpang yang terus meningkat sehingga perlu penambahan KRL.
"Kecenderungan masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kereta sehingga membuat kereta semakin padat. Untuk itu kami terus mengembangkan KRL," ujarnya di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (10/11).

Advertisement

Penambahan kereta ini juga untuk mendukung target PT. KAI Commuter Jabodetabek yang mengangkut 1,2 juta penumpang per tahun di tahun 2019. Sampai saat ini PT. KAI (Persero) juga tengah menunggu penyelesaian pembangunan dua jalur ganda di ruas Manggarai - Cikarang. Pasalnya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 83 tahun 2011 antara KRL, Kereta Api Barang dan Kereta Api Jarak Jauh harus dipisahkan.

Dia menjelaskan total pinjaman itu memiliki jangka waktu 14 tahun. Pencuran pinjaman itu akan dilakukan secara bertahap, yaitu pertama, Rp 2,128 triliun, dan kedua Rp 252,337 miliar.

Direktur Business Banking BNI Krishna R. Suparto menambahkan setelah kerjasama ini, BNI masih memiliki kerjasama proyek kereta bandara. Nantinya akan ada sindikasi pinjaman untuk pembiayaan kereta bandara.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement