Kementerian Perhubungan Juga Akan Gelar Lelang Jabatan

Nur Farida Ahniar
12 November 2014, 18:27
Ignatius Jonan
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Perhubungan juga akan melakukan lelang jabatan bagi pejabat eselon I dan II. "Kami akan lelang jabatan, tapi masih belum untuk konsumsi publik," ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

KATADATA ? Tak hanya Kementerian Keuangan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perhubungan juga akan melakukan lelang jabatan bagi pejabat eselon I dan II. Namun posisi apa saja yang akan dilelang masih digodok.

"Kami akan lelang jabatan, tapi masih belum untuk konsumsi publik," ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan seusai acara U.S - Indonesia Investment Summit di Jakarta, Rabu (12/11).

Lelang jabatan di beberapa kementerian tengah menjadi sorotan, meski aturan itu sejatinya telah ada sebelumnya. Pengisian jabatan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2014.

Lelang jabatan yang mulai dibuka pendaftarannya yaitu di Kementerian Keuangan untuk posisi eselon I dan eselon II. Beberapa posisi yang dicari yaitu Direktur Jenderal Pajak, Kepala Badan Kebijakan Fiskal untuk eselon I.a. Jabatan lainnya Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi dan pejabat bidang penerimaan negara untuk eselon I.b. (Baca: Pendaftaran Lelang Jabatan Dirjen Pajak dan Kepala BKF Dibuka)

Lelang jabatan juga akan dilakukan di Kementerian ESDM. Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di lingkungan kementeriannya. Hal ini bertujuan untuk menempatkan orang-orang terbaik dan profesional di bidangnya.

Menurut dia, mekanisme lelang jabatan memiliki sisi positif memberikan rasa tanggung jawab (sense of responbility) terhadap pejabat tersebut. Tidak hanya sebatas kesanggupan menjalankan tugas, tetapi juga kemampuan melaksanakan tanggung jawabnya. (Baca: Menteri ESDM Akan Lelang Jabatan Dirjen)

Reporter: Arief Kamaludin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...