Sofyan Djalil: Rekam Jejak Dwi Soetjipto Jelas

Aria W. Yudhistira
2 Desember 2014, 08:46
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin
Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Dwi Soetjipto ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Menko Perekonomian Sofyan Djalil menilai rekam jejak Dwi mumpuni memimpin BUMN migas tersebut.

KATADATA ? Pemerintah menilai rekam jejak Dwi Soetjipto mumpuni sehingga pantas memimpin PT Pertamina (Persero). ?Track record (Dwi) jelas karena Dirut di Semen Indonesia, Semen Padang, dan Semen Gresik,? kata Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta.

Menurut dia, minimnya pengalaman Dwi di bidang minyak dan gas bumi (migas) tidak perlu dikhawatirkan. Nantinya, Dwi bisa didukung oleh direksi lain. Adapun pada tingkat direktur utama, yang lebih dibutuhkan adalah faktor kepemimpinan.

?Keahlian minyak nanti dicari orang-orang dalam atau orang minyak yang punya keahlian baik,? kata Sofyan.

Dia menyatakan, pemerintah saat ini masih menetapkan hanya ada empat orang direksi untuk memimpin Pertamina. Selanjutnya, perseroan akan mengevaluasi apakah jumlah direksi yang ada sudah cukup ataukah masih perlu ditambah.

?Nanti kan ada penambahan lagi. Untuk sementara ini sampai nanti bisa cari orang terbaik lagi,? tuturnya.

Sofyan menyebutkan beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah Pertamina ke depannya. Mulai dari masalah kilang pengolahan yang sudah tua, persoalan penyimpanan dan eksplorasi. Kemudian persiapan mengambil alih sumur yang sudah habis masa kontraknya serta menjalin kontrak kerja sama guna memperkuat perusahaan minyak nasional ke depannya.

Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...