Pertamina Siap Ambil Alih TPPI

Safrezi Fitra
5 Januari 2015, 17:52
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mengambil alih kilang milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Bahkan induk usaha TPPI, PT Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro), sangat mendukung rencana tersebut.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan untuk mengambil alih TPPI, pihaknya sedang mengkaji mengenai proses akuisisi Tuban Petro. Dia mengatakan pengambilalihan Tuban Petro masih menunggu niat baik dari pihak Tuban Petro.

"Kami akan review masalah yang ada. Apakah memang baik bagi Pertamina untuk masuk di situ (Tuban Petro) atau tidak. Itu juga tergantung niat baik seluruh pihak, baik pemilik lama dan posisi pinjaman," katanya ketika ditanya Katadata beberapa hari lalu di Jakarta.

Pertamina, kata Dwi, telah menerima masukan dari semua pihak seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), termasuk mengenai pemilik lama Tuban Petro yakni Honggo Wendratmo. KPK pernah mengingatkan bahwa masih adanya campur tangan Honggo di Tuban Petro. Honggo dianggap bermasalah atas keterlibatannya dalam kasus Bank Century.

"Kalau banyak masalah tentu masalah itu diklarifikasi. Seperti halnya rekomendasi KPK, itu jadi bagian untuk kami bisa laksanakan upaya (pengambilalihan Tuban Petro)," ujarnya.

Sementara Direktur Tuban Petro Riki F Ibrahim menyatakan siap dan mendukung penuh upaya Pertamina mengakuisisi perusahaannya. Pertamina tidak perlu khawatir dengan adanya isu mengenai Honggo Wendratmo, karena pemilik lama tersebut sudah tidak lagi memiliki kewenangan apapun dalam TPPI atau Tuban Petro. Hal itu ditegaskan dengan adanya opini hukum dari Assegaf Hamzah and Partner.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...