Target Lifting dan ICP Direvisi, Penerimaan Migas Dikurangi

Safrezi Fitra
13 Januari 2015, 15:40
Katadata
KATADATA
Target lifting migas diturunkan dari 2,1 juta barel setara minyak per hari, menjadi 2 juta barel setara minyak per hari

KATADATA ? Pemerintah mengusulkan target lifting minyak dan gas direvisi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APNB-P) 2015. Target lifting direvisi menjadi 2 juta barel setara minyak per hari, lebih rendah dari target sebelumnya 2,1 juta barel setara minyak per hari.

Target lifting minyak turun dari 900.000 barel per hari, menjadi 849.000 barel per hari. Sementara target lifting gas menjadi 1,17 juta barel setara minyak per hari, dari target APBN 2015 sebesar 1,24 juta barel per hari.

Advertisement

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Naryanto Wagimin mengatakan penurunan target ini didasarkan pada kemampuan produksi sumur-sumur migas yang ada saat ini.

"Kata SKK Migas karena sumur sudah tua," katanya kepada Katadata, di Kementerian ESDM, Jakarta, kemarin (12/1).

Selain target lifting, pemerintah juga mengusulkan revisi harga minyak mentah Indonesia (Indonesia crude price/ICP), dari US$ 105 per barel menjadi US$ 70 per barel. Revisi ini berdasarkan tren harga minyak duni yang terus turun sejak pertengahan tahun lalu. Saat ini harga minyak dunia sudah berada di bawah US$ 50 per barel

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement