BI Akhirnya Turunkan Suku Bunga

Aria W. Yudhistira
17 Februari 2015, 18:11
Katadata
KATADATA
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

KATADATA ? Tingkat suku bunga acuan (BI Rate) akhirnya turun sejak 20 bulan terakhir. Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga acuan turun 25 basis poin (bps) menjadi 7,5 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, penurunan didorong keyakinan bank sentral akan laju inflasi yang terkendali hingga akhir tahun. BI memperkirakan inflasi akan berada di kisaran 4,5 persen plus minus 1 persen.

?Kami yakin bahwa inflasi akan terkendali dan mengarah ke arah 4 persen. Ini kondisi yang akan terus dijaga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,? kata dia seusai RDG BI di kantornya, Jakarta, Selasa (17/2).

Dia membantah, penurunan tingkat suku bunga ini lantara ada desakan dari pemerintah. Seperti diberitakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta BI Rate diturunkan untuk memacu perekonomian. Apalagi, pemerintah juga sudah berupaya menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), elpiji, serta semen.

?Tidak ada tekanan politik (dari keinginan Wakil Presiden). Ini berdasarkan fakta dan data BI. Yang kami sampaikan saat ini, adalah pandangan kami,? ujar Agus.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...