10 Wilayah Kerja Migas Tidak Laku Dilelang

Safrezi Fitra
19 Maret 2015, 12:19
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan lelang terhadap 21 wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (migas). Dalam lelang tersebut ada 10 WK yang tidak diminati investor.

Tidak ada investor yang mau mendaftar pada delapan WK yang dilelang. Sementara dua WK lainnya, ada yang mendaftar, tapi tidak memenuhi syarat.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Naryanto Wagimin mengatakan 10 wilayah kerja yang tidak laku karena investor masih belum berniat untuk berinvestasi di tahun ini. Salah satunya karena  harga minyak dunia yang sedang rendah. 

(Baca: 23 Kontraktor Migas Terjerat Sengketa Pajak Rp 3,2 Triliun)

"Alasan pertama karena harga minyak turun, jadi mikir-mikir perusahaannya. Lalu potensinya juga medium biasa aja. Kalau misalnya saya mintanya 500 tapi di situ adanya cuma 300, jadi ya mikir-mikir lagi mungkin mereka, potensi cadangannya," kata dia di Direktorat Jenderal Migas, Jakarta, Rabu (18/3).

Proses lelang tersebut dilakukan saat harga minyak dunia baru mulai bergerak turun pada pertengahan tahun lalu.. Proses lelang WK konvensional telah dimulai pada 2 Juni 2014 sampai Oktober 2014. Sementara untuk WK nonkonvensional, dimulai pada 23 Juni 2014 hingga 7 Agustus 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...