Pemerintah Sebut Program Tol Laut Sudah Berjalan

Safrezi Fitra
27 Maret 2015, 11:52
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan program Tol Laut sudah mulai berjalan sejak bulan lalu. Ada dua rute bagian dari Tol Laut yang sudah mulai beroperasi.

Direktur Transportasi Bappenas Bambang Prihartono mengatakan dua rute Tol Laut yang telah mulai berjalan adalah Sorong?Waisai dan Surabaya?Makassar. Pemerintah berharap dua  rute ini akan menjadi pilot project rute-rute Tol Laut lainnya.

"Untuk 2 rute ini istilahnya Short Sea Shipping," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (26/3).

Pemerintah menunjuk PT Pelni (Persero) untuk melayani dua rute tersebut. Dananya menggunakan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan pada perusahaan tersebut tahun ini sebesar Rp 500 miliar. Pelni juga mendapat anggaran PSO (Public Service Obligation) sebesar Rp 1,6 triliun.

Pelni melayani dua rute tersebut dengan jadwal pelayaran dua kali sehari. Kapal-kapal Pelni tersebut nantinya akan mengangkut orang dan juga barang. Sehingga diharapkan disparitas harga barang akan dapat tertekan dengan sendirinya.

Penunjukkan Pelni untuk mempelopori program Tol Laut, karena belum ada pihak swasta yang bersedia. Harapannya, perusahaan pelayaran swasta bisa ikut dalam rute-rute lain, agar program Tol Laut ini bisa berjalan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...