Pembangunan Pipa Gas Cirebon-Semarang Dimulai Bulan Depan

Aria W. Yudhistira
8 April 2015, 10:28
Katadata
KATADATA
Stasiun Kompresor Gas milik PT Pertamina Gas di Cilamaya, Jawa Barat.

KATADATA ? Pemasangan tiang pancang pertama atau groundbreaking pembangunan pipa gas Cirebon-Semarang akan dilakukan antara Mei dan Juni 2015.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andi Someng mengatakan, pembangunan jaringan pipa gas sepanjang 270 kilometer (km) tersebut akan dikerjakan oleh PT Rekayasa Industri (Rekind). ?Ditargetkan (proyek) selesai pada 2019,? kata dia di kantornya, Jakarta, kemarin.

Nantinya, jaringan pipa tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gas untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) serta industri di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Adapun sumber gas akan berasal dari lapangan gas terdekat atau fasilitas pengolahan dan penyimpanan terapung gas (FSRU) yang ada di Lampung.

Pipa ini juga rencananya akan digunakan secara terbuka (open access), sehingga siapa pun boleh menggunakan jaringan tersebut asalkan membayarkan tarif tertentu.

Mengenai rekanan yang akan digandeng oleh Rekind, BPH Migas menyerahkan sepenuhnya ke Rekind. Namun, berdasarkan surat yang diterima BPH Migas, Rekind nantinya akan menggandeng PT Pertamina Gas (Pertagas).

?Kami serahkan kepada Rekayasa Industri, apakah kerjasama dengan BUMN, Pertagas, atau PGN. Tapi kami sudah menerima surat tanggal 19 Maret perjanjian kerjasama antara PT Rekayasa Industri dan Pertagas sudah ada MoU-nya,? ujar dia.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...