Dua BUMN Resmi Miliki Tol Solo-Kertosono

Image title
Oleh
9 April 2015, 07:31
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan pembangunan jalan tol trans-Jawa ruas Solo-Ngawi dan Ngawi Kertosono sudah diambil alih oleh PT Jasa Marga Tbk dan PT Waskita Karya Tbk dari PT Thiess Contractors Indonesia (TCI). Dua perusahaan negara tersebut akan segera menandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) untuk ruas tol yang diambil alih.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan dirinya sudah menerima dokumen dari pihak TCI dan Jasa Marga untuk pengalihan saham di PT Solo Ngawi Jaya dan PT Ngawi Kertosono Jaya. "Dua ruas yakni Solo-Ngawi Jaya dan Ngawi Kertosono ini sudah resmi diambil Jasa Marga dan Waskita Karya. Mereka sudah ajukan surat. Tinggal saya tanda tangani surat izinnya. Minggu ini bisa selesai prosesnya untuk langsung dikeluarkan PPJT,"  kata Basuki seperti dikutip Investor Daily, Kamis (9/4).

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman sebelumnya menuturkan, komposisi saham Jasa Marga di dua bidang usaha jalan tol tersebut masing-masing sebesar 60 persen, sedangkan Waskita mencapai 40 persen. Setelah Jasa Marga dan Waskita Karya mendapat akuisisi penuh dua ruas tol tersebut dari TCI, dua perusahaan pelat merah itu akan segera melepas lelang kontraktor. Proses ini diperkirakan berlangsung selama dua hingga tiga bulan, sehingga konstruksi bisa dimulai pada Agustus 2015.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...