Bank Infrastruktur Asia Siap Danai Indonesia Tahun Depan

Safrezi Fitra
10 April 2015, 11:08
Infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Bank Infrastruktur Asia (Asian Infrastructure Investment Bank/AIIB), dipastikan siap mendanai proyek infrastruktur Indonesia mulai tahun depan. Pembiayaan dari AIIB ini akan digunakan untuk mendanai proyek infrastruktur strategis.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan bank tersebut baru akan beroperasi secara penuh pada akhir tahun ini. Makanya kemungkinan besar AIIB baru akan bisa ikut membiayai proyek infrastruktur di Indonesia pada 2016.

Sebagai anggota, peluang untuk mendapatkan pembiayaan dari bank infratruktur yang baru dibentuk ini cukup besar. Apalagi modal pembentukan bank tersebut mencapai ratusan miliar dolar Amerika Serikat.

Dalam nota kesepahaman dalam (MoU) pembentukan AIIB, telah disepakati modal dasarnya sebesar US$ 100 miliar dan modal disetor US$ 20 miliar. Cina, sebagai negara penggagas bank ini menyetorkan modal hingga US$ 50 miliar.

Tanpa menyebutkan angka pastinya, Bambang mengatakan iuran awal setiap anggota AIIB sudah ditentukan besarannya. Namun, hingga saat ini Indonesia belum menyetorkan iuran tersebut. "Nantilah kami siapkan (dana iurannya) nanti. Full operation-nya juga baru akhir tahun. Jadi kami siapkan untuk 2016," kata Bambang di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jakarta, Kamis (9/4).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...