Sindikasi 4 Bank Nasional Biayai Proyek Kereta Bandara

Aria W. Yudhistira
20 April 2015, 14:17
Katadata
KATADATA
Empat bank nasional memberikan kredit sindikasi sebesar Rp 2 triliun untuk membangun proyek kereta bandara.

KATADATA ? Sindikasi empat bank nasional mengucurkan kredit senilai Rp 2,06 triliun untuk membangun proyek kereta bandara. Keempat perbankan nasional itu antara lain, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk.

Proyek yang menghubungkan Stasiun Manggarai dan Bandara Soekarno-Hatta itu akan dikerjakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Railink, perusahaan patungan PT KAI Dengan PT Angkasa Pura II. Diperkirakan total investasi proyek tersebut mencapai Rp 2,5 triliun.

Advertisement

?Sedangkan sisanya menggunakan uang kas kami (KAI) dan juga Railink,? kata Direktur Keuangan KAI Kurniadi Atmosasmito seusai penandatanganan kredit sindikasi di hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (21/4).

Dia memaparkan keempat perbankan tersebut akan memberikan kredit kepada PT KAI sebesar Rp 1,45 triliun, sedangkan PT Railink akan mendapatkan Rp 612 miliar. Jangka waktu pinjaman tersebut selama 14 tahun dengan bunga sebesar Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) plus 3 persen.

Dalam pengerjaan proyek ini, PT KAI akan membangun rel, sistem persinyalan, stasiun, kelistrikan, serta pembebasan lahan. Sementara PT Railink yang akan menyediakan kereta.

KAI pun berencana membangun Stasiun Sudirman Baru yang khusus diperuntukkan bagi penumpang yang berlalu lalang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan stasiun Manggarai sebagai titik awal perjalanan kereta bandara ini juga akan dirombak dengan apron khusus bagi penumpang yang akan berangkat ke bandara.

?Nantinya rute kereta api bandara akan melayani stasiun Manggarai ? Sudirman Baru ? Duri ? Batu Ceper ? Bandara Soekarno-Hatta dalam 50 sampai 60 menit,? kata Kurniadi.

Di tempat yang sama Direktur PT Railink Heru Kuswanto mengatakan akan menggunakan kredit sindikasi ini untuk pengadaan 10 rangkaian kereta (train set) dengan jumlah setiap rangkaiannya masing-masing sebanyak 6 gerbong kereta.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement