PT KAI Tak Dilibatkan dalam Proyek Kereta Cepat

Aria W. Yudhistira
24 April 2015, 10:17
Katadata
KATADATA
Pemerintah tak melibatkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

KATADATA ? Pemerintah tidak melibatkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam proyek pembangunan kereta cepat rute Jakarta-Bandung. PT KAI diminta untuk fokus membangun jaringan kereta dasar di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno mengatakan, jika terlibat dalam proyek kereta cepat, dia khawatir konsentrasi PT KAI akan terpecah. Alhasil, menyebabkan pembangunan dan pengoperasian jaringan kereta api di Tanah Air menjadi terhambat.

Padahal, pemerintah berharap jaringan kereta ini yang akan menjadi urat nadi transportasi Indonesia ke depan. ?KAI diharapkan mengoperasikan jaringan kereta dasar, karena untuk saat ini seringkali konsentrasi (bisnis) tidak terbagi,? kata Rini saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/4) malam.

Menteri BUMN menjelaskan, pemerintah menunjuk PT Wijaya Karya (Persero) Tbk karena ingin masing-masing BUMN karya memiliki spesialisasi di bidang tertentu. Dia mencontohkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang fokus menggarap proyek jaringan listrik, sementara PT Adhi Karya (Persero) Tbk didorong membangun Light Rail Transit (LRT) di perkotaan.

?Mereka ini hanya leader-nya saja, tapi bukan berarti proyek-proyek ini akan dikerjakan sendiri-sendiri,? kata Rini. (Baca: Wika Beton Cari Mitra Garap Konstruksi Kereta Cepat)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...