IHSG Jatuh Setelah Jokowi Kritik Bank Dunia dan IMF

Aria W. Yudhistira
28 April 2015, 14:59
Katadata
KATADATA
Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam forum World Economic Forum ke-24 di Jakarta Convention Center, Senin (20/4). Dalam forum itu, Jokowi mengundang investor untuk menanamkan modalnya ke Indonesia.

KATADATA ? Indeks harga saham gabungan (IHSG) secara beruntun turun setelah Presiden Joko Widodo mengkritik lembaga keuangan internasional dalam forum Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada Rabu (22/4) lalu. 

Kinerja indeks tidak terlepas dari dua peristiwa besar yang terjadi di Tanah Air dalam sepekan terakhir. Yakni, pertemuan forum bisnis dunia, World Economic Forum (WEF) dan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang pelaksanaannya hampir berbarengan.

Advertisement

Dalam dua pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato yang justru saling bertolak belakang. Ini yang dinilai investor sebagai sinyal ketidakkonsistenan pemerintah.

Saat berpidato di depan forum bisnis pada 20 April, misalnya, Jokowi secara resmi menyatakan mengundang investor untuk datang ke Indonesia. ?Jika Anda ada masalah, silakan telepon saya,? kata Presiden dalam pertemuan itu.

Pidato Jokowi tersebut langsung direspons positif oleh pelaku pasar dengan kenaikan IHSG sebesar 1,1 persen ke posisi 5460,6 pada Selasa (21/4).

Tapi, pernyataan Presiden itu berkebalikan dalam pidato di forum KAA, Rabu (22/4). Di depan pemimpin Asia Afrika, Jokowi mengkritik keras keberadaan lembaga internasional, seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, dan Bank Pembangunan Asia (ADB).

Selama konferensi pun, Jokowi cenderung mendekat ke Cina, terutama untuk menggarap proyek-proyek infrastruktur. Alhasil, setelah pidato di forum KAA, indeks secara perlahan turun dan puncaknya terjadi kemarin. Secara akumulatif, sejak Jokowi berpidato di forum KAA hingga Senin (27/4), IHSG turun 3,9 persen. 

(Baca: Kinerja IHSG yang Terendah Sejak Jokowi Presiden)

Menurut analis First Asia Capital David Nathanael Sutyanto, pidato Jokowi tersebut memberikan pengaruh kepada investor. Namun, yang jadi fokus utama pelaku pasar sebetulnya pembangunan infrastruktur yang belum berjalan. Apalagi, ada indikasi perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement