Kinerja IHSG yang Terendah Sejak Jokowi Presiden

Aria W. Yudhistira
28 April 2015, 13:22
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
Kinerja IHSG menjadi salah satu yang terendah di kawasan Asia. Sejak awal tahun, indeks sudah turun 0,65 persen.

KATADATA ? Pasar saham Indonesia turun paling tajam dibandingkan bursa sekawasan. Penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) kali ini sekaligus yang terburuk sejak Jokowi Widodo menduduki kursi kepresidenan.

Sinyal perlambatan ekonomi di dalam negeri yang dibarengi kinerja buruk sejumlah emiten pada kuartal I-2015 membuat IHSG mencapai titik terendah sejak awal tahun. Hingga penutupan perdagangan sesi pertama, IHSG berada di posisi 5193,4 atau turun 0,99 persen dibandingkan penutupan kemarin. Turunnya indeks hari ini, Selasa (28/4) merupakan kelanjutan penurunan yang terjadi sejak sepekan lalu.

Pada perdagangan kemarin, IHSG tercatat turun 3,5 persen, sekaligus menjadi penurunan paling tajam sejak Joko Widodo menduduki kursi kepresidenan.  

Hingga siang ini, IHSG tercatat sudah minus 0,65 persen dibandingkan posisi pada akhir 2014. Ini sekaligus mencatatkan bursa Jakarta sebagai salah satu indeks dengan kinerja terendah dibandingkan bursa sekawasan. Bursa Shenzhen tercatat sebagai yang kinerjanya tertinggi di kawasan, yakni tumbuh 57 persen. Kemudian diikuti bursa Shanghai yang tumbuh 40 persen.

Sementara bursa Singapura dan Malaysia masing-masing mencatatkan kenaikan 4 persen dan 5 persen sejak awal tahun. (Baca: Jokowi Dilantik, IHSG dan Rupiah Melambung

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, penurunan indeks disebabkan persepsi pelaku pasar terhadap kinerja keuangan sejumlah perusahaan. ?Kebanyakan investor punya ekspektasi laba perusahaan yang lebih tinggi. Ternyata kuartal I banyak laba (perusahaan) yang di bawah perkiraan,? kata dia di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (28/4).

Laporan kinerja keuangan sejumlah emiten dengan kapitalisasi pasar besar mencatatkan kinerja yang buruk pada tiga bulan pertama tahun ini. Astra International, misalnya, mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.(Baca: Pelemahan KPK Mulai Pengaruhi Pasar)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...