Eksplorasi Migas Lambat, Sudirman Bentuk Tim Independen Baru

Aria W. Yudhistira
6 Mei 2015, 12:34
Katadata
KATADATA
Menteri ESDM Sudirman Said.

KATADATA ? Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membentuk Komite Eksplorasi Nasional. Tim yang akan dipimpin oleh anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Andang Bachtiar itu untuk memperlancar kegiatan produksi minyak dan gas bumi (migas) di tanah air.

Pembentukan tim independen ini merupakan kali kedua yang dilakukan Menteri ESDM Sudirman Said. Sebelumnya pada pertengahan November 2014, dia membentuk Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang dipimpin oleh Faisal Basri.

Sudirman mengatakan, pembentukan Komite Eksplorasi merupakan rekomendasi dari para pelaku industri migas yang tergabung dalam Indonesian Petroleum Association (IPA). Tim independen ini diharapkan dapat mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang selama ini menghambat industri migas.

?Rekomendasi sudah begitu banyak. Inilah waktunya untuk eksekusi. (Jadi tim independen ini) tidak akan buat rekomendasi tapi menjalankan apa yang sudah direkomendasikan,? kata Sudirman di kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (5/5) malam.

Tim ini nantinya yang akan mendorong supaya kegiatan eksplorasi migas dapat dilakukan secara besar-besaran, termasuk memperbaiki cadangan migas yang turun dalam satu dekade terakhir.

?Tugas tim ini semacam pendorong supaya apa yang dikerjakan di SKK Migas dan Kementerian ESDM itu bisa mendapatkan energi tambahan,? tutur dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...