Kinerja Empat Menteri Ekonomi Disorot

Image title
Oleh
8 Mei 2015, 08:21
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kinerja empat menteri ekonomi disorot ekonom dan politikus. Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dinilai tak berprestasi. Keempatnya disebut layak dievaluasi Presiden Joko Widodo. 

Guru besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Mudrajad Kuncoro, menganggap wajar bila keempat menteri tersebut sering disebut layak diganti karena belum punya konsep dan arah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. "Mereka belum menunjukkan geregetnya, perekonomian malah terus memburuk," katanya seperti dikutip Koran Tempo, Jumat (8/5). 

Kuncoro menunjuk contoh kinerja Kementerian BUMN yang melempem. Indikatornya adalah pelemahan harga saham sejumlah perusahaan negara yang masuk bursa. Sedangkan Kementerian Keuangan dinilai gagal menjaga nilai tukar rupiah. Persoalan lain adalah tingkat inflasi yang tinggi dan pertumbuhan yang melemah. 

Adapun Kementerian Perdagangan dipersoalkan lantaran neraca perdagangan yang lemah. "Semua masalah itu terjadi karena lemahnya koordinasi antarkementerian," tuturnya. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...