Gubernur Jabar Kritik Kualitas Perencanaan Pelabuhan Cilamaya

Aria W. Yudhistira
12 Mei 2015, 10:03
Katadata
KATADATA
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

KATADATA ? Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengkritik kualitas perencanaan infrastruktur yang dilakukan pemerintah pusat. Salah satunya dalam penyusunan rancangan pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Karawang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku heran, ternyata proyek tersebut batal dibangun, padahal sudah melalui kajian yang dianggap matang oleh pemerintah. Pembatalan tersebut lantaran ada protes dari PT Pertamina (Persero) yang menilai alur laut menuju Pelabuhan Cilamaya akan mengganggu fasilitas anjungan milik perusahaan minyak pelat merah itu.

Advertisement

Hal ini mengherankan karena kajian kelayakan pelabuhan di Karawang sudah dilakukan sejak tujuh tahun lalu. ?Dari 2008 pemerintah sudah buat perencanaan, ini kenapa sekarang Pertamina protes,? kata Heryawan di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jakarta, Senin (11/5) malam.

(Baca: Bappenas Garap Studi Lokasi Pengganti Cilamaya)

Secara khusus Heryawan meminta agar pemerintah membangun pelabuhan di lokasi yang baru. Menurut dia, keberadaan pelabuhan besar akan dapat mengurai lalu lintas barang yang ada di wilayah Jawa Barat. ?Sebanyak 53 persen arus barang Jawa Barat dapat terbantu pelabuhan ini,? kata dia.

Di kesempatan yang sama Menteri Perencanaan Pembangunan/ Kepala Bappenas Andrinof Chaniago mengakui jika pada masa lalu pembangunan infrastruktur pemerintah tidak direncanakan dengan baik. Bappenas akan menimbang perencanaan pembangunan infrastruktur strategis secara masak dan komprehensif.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement