Komite Eksplorasi Belum Dapat Surat Tugas dari Menteri ESDM

Safrezi Fitra
21 Mei 2015, 20:06
Katadata
KATADATA
Ketua Komite Eksplorasi Nasional Andang Bachtiar

KATADATA ? Ketua Komite Eksplorasi Nasional Andang Bachtiar mengaku sampai saat ini dirinya belum mendapatkan surat tugas resmi dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Padahal Menteri ESDM Sudirman Said sudah menunjuk Andang sebagai Ketua sejak 5 Mei 2015.

Meski demikian dia tidak mempermasalahkan mengenai surat tugas tersebut. Makanya sejak ditunjuk untuk memimpin tim ini, Andang sudah mulai bekerja sesuai apa yang ditugaskan oleh Menteri Sudirman.

"Belum dapat Surat Keputusan Menteri. Tapi sudah bekerja," kata di Jakarta Conventional Center, Jakarta, Kamis (21/5).

(Baca: Eksplorasi Migas Lambat, Sudirman Bentuk Tim Independen Baru)

Saat ini dia sedang menyusun tim yang akan membantu tugasnya. Dia ingin tim ini tidak hanya berasal dari satu disiplin ilmu. Agar bisa menghasilkan rekomendasi yang komprehensif mengenai permasalahan dan upaya meningkatkan eksplorasi migas di Indonesia.

Dia menyebut Komite Eksplorasi juga mendapat tugas untuk memperpendek regulasi di industri migas,  seperti mempermudah proses tender. Dia juga ingin memangkas waktu dari menang lelang wilayah kerja sampai eksplorasi menjadi hanya 3-5 tahun.

"Tugas saya bukan teknis saja tapu overall dapat reserve tambahan. Salah satunya, harus perpendek 3 sampai 5 tahun sehingga IRR lebih dari 50 persen," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...