Inilah Blok Migas yang Sedang Diincar Pertamina

Safrezi Fitra
28 Mei 2015, 18:27
Katadata
KATADATA
Blok Sanga-Sanga

KATADATA ? PT Pertamina menyatakan sedang mengincar salah satu blok migas yang masa kontraknya akan berakhir. Blok migas tersebut adalah Blok Sanga-Sanga yang terletak di Kalimantan Timur.

Saat ini blok tersebut masih dipegang oleh Virginia Indonesia Company (Vico) sebagai operator dan akan habis kontraknya pada Agustus 2018. Selama hampir setengah abad Vico mengolah sumber migas dari Blok Sanga-Sanga.

Dari sisi produksi minyak, Vico memang terpaut jauh dari produsen lainnya di Indonesia. Namun, dengan berbekal gas alam dari Blok Sanga-Sanga, Vico tergolong produsen gas bumi yang patut diperhitungkan.

Hingga saat ini Blok Sanga-Sanga masih memiliki cadangan minyak sebesar 13.232 MSTB (thousand stock tank barrel) dan cadangan gasnya 448,96 miliar kaki kubik (BSCF). Sementara produksinya sebesar 16.733 barel setara minyak per hari (BOEPD).

Pertimbangan cadangan migas dan produksi yang masih besar inilah yang membuat Pertamina tertarik mengambilalih Blok Sanga-Sanga setelah kontraknya dengan Vico habis. Pertimbangan lainnya adalah lokasi yang dekat dengan Blok Mahakam, yang akan diberikan oleh pemerintah pada 2018. "Jika dimungkinkan dapat diintegrasikan dengan lapangan Pertamina sehingga lebih efektif dan efisien dalam pengelolaannya," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, di Jakarta, kemarin.

VICO mengoperasikan tujuh lapangan produksi migas di Sanga-Sanga, yakni Badak, Nilam, Pamaguan, Semberah, Mutiara, Beras, dan Lempake. Produksi minyak dan gasnya diproses pada empat stasiun produksi. Stasiun produksi pertama yang dibangun adalah Badak (1972), diikuti Nilam (1982), Mutiara (1990), dan Semberah (1991).

(Baca Ekonografik: 8 Kontraktor Andalan Penyumbang Lifting Migas)

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...