Indonesia, Salah Satu Pemodal Terbesar Bank Infrastruktur Asia

Safrezi Fitra
29 Juni 2015, 11:12
pembangunan infrastruktur
KATADATA

KATADATA ? Indonesia akan menanamkan modal sebanyak US$ 672,1 juta untuk Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), yang dibayarkan selama lima tahun. Dengan jumlah modal yang ditanamkan ini, Indonesia menempati urutan kedelapan pemodal terbesar di AIIB.

?Indonesia menempati urutan pemodal terbesar kedelapan di AIIB. Yakni dari modal AIIB yang direncanakan sebesar US$ 100 miliar, dengan modal disetor tunai (paid in capital) sebesar 20 persen,? kata Menteri Keuangan Bambang Brdojonegoro dalam keterangan pers yang diterima Katadata, kemarin.

Hari ini, Bambang dijadwalkan akan berangkat ke Beijing, Cina, untuk menandatangani naskah Article of Agreement (AoA) pendirian AIIB. Dengan penandatanganan ini, Indonesia secara resmi menjadi salah satu dari 57 negara pendiri AIIB.

Rencananya, perjanjian AIIB akan mulai berlaku (entry into force) pada Desember 2015 dan mulai beroperasi pada awal 2016. Sebagai persiapan operasionalnya, pimpinan negara-negara anggotanya akan melakukan pertemuan (Chief Negotiators) sebelum Desember 2015. 

Sebelumnya, Bambang menyatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan dana untuk sebagai modal awal AIIB pada 2016. Dana ini dikucurkan melalui penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...