Program Peremajaan Akan Membuat Harga Sawit Naik

Safrezi Fitra
14 Juli 2015, 17:34
Sawit | KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Sawit) optimistis harga sawit minyak mentah (crude palm oil/CPO) bisa naik, seiring dengan adanya program peremajaan tanaman.

Direktur Utama BPDP Sawit Bayu Krishnamurti mengatakan saat ini harga CPO masih rendah, yakni di kisaran US$ 575 per ton. Rendahnya harga ini disebabkan penurunan harga minyak bumi dan berkurangnya permintaan dari Cina, yang merupakan salah satu importir terbesar CPO.

Advertisement

(Baca: Harga Komoditas Turun, Penerimaan Bea Keluar Tak Tercapai)

Menurut dia, dengan adanya program peremajaan, diperkirakan harga CPO bisa naik mencapai US$ 700-750 per ton. Harga ini dinilai merupakan harga yang pas dan nyaman bagi produsen dan konsumen sawit.

Program peremajaan sangat diperlukan bagi perkebunan sawit, yang sudah tua. Saat ini produktivitas perkebunan sawit sudah rendah, terlebih perkebunan rakyat karena usianya sudah mencapai 30 tahun. Padahal usia produktif sawit hanya sampai 20-25 tahun.

Program peremajaan tanaman ini membutuhkan waktu tiga sampai empat tahun. Dalam masa peremajaan ini pasokan sawit akan berkurang, sehingga bisa mendorong harga. Bayu juga memastikan meski harganya naik, sawit tidak akan bisa tergantikan oleh minyak nabati lain. Karena hingga saat ini produktivitas sawit masih tinggi, bahkan mencapai delapan hingga sembilan kali kedelai (soyabean).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement