Menkeu: Tak Ada Masalah dengan Utang Luar Negeri

Image title
Oleh
15 Juli 2015, 12:25
Katadata
KATADATA
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

KATADATA ? Pemerintah masih yakin posisi utang luar negeri Indonesia masih aman, meski rasio pembayaran utang terhadap pendapatan terus meningkat. Pada kuartal I-2015, rasio pembayaran utang atau debt to service ratio (DSR) sebesar 56,1 persen, naik dibandingkan posisi pada kuartal sebelumnya 51,6 persen. 

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, sampai saat ini tidak ada masalah terkait utang luar negeri pemerintah dan swasta tersebut. Dari sisi pemerintah, sudah ada anggaran dalam APBN-P 2015 untuk pembayaran bunga sebesar Rp 150 triliun. Dia juga memastikan pemasukan tetap terjaga.

?Indonesia nggak ada masalah soal utang. Yang penting cash flow terjaga,? kata Bambang di kantornya, Jakarta, Rabu (15/7).

Masih amannya posisi utang Indonesia, lanjut dia, terbukti dari masih tingginya minat investor terhadap surat utang negara (SUN) yang diterbitkan pemerintah. Pada lelang empat seri SUN, 7 Juli lalu misalnya, dari target indikatif Rp 10 triliun, jumlah penawaran yang masuk mencapai Rp 26,4 triliun.

Kelebihan permintaan ini, kata Bambang, bisa menurunkan imbal hasil (yield) sehingga mengurangi beban bunga utang pemerintah. (Baca: Jokowi Sebut Utang Indonesia Masih Aman)

Pemerintah pun berencana meningkatkan serapan utang dari SUN (up size). Menurut dia, hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk up size karena mengindikasikan pandangan pasar terhadap Indonesia masih baik. Padahal, masih ada risiko pasar dari ketidakpastian kenaikan suku bunga AS (Fed Rate) dan negosiasi di Yunani.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...