Pemerintah Akan Tawarkan 11 Blok Migas Bulan Depan

Safrezi Fitra
31 Juli 2015, 19:51
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pemerintah menyatakan akan menawarkan 11 wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) tahun ini kepada investor yang berminat. Penawaran ini ditargetkan dapat dilakukan pada pertengahan bulan depan.

"Agustus pertengahan kalau bisa. Sekarang masih menunggu Surat Keputusan (SK) tim," kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (31/7).

Advertisement

Blok migas yang ditawarkan tersebut lebih banyak dari rencana pemerintah tahun ini. Pada awal tahun, Kementerian ESDM sempat menyebut akan menawarkan delapan WK. Saat ini ada tiga tambahan WK yang ditawarkan, yakni Blora Deep, Batu Ampar, Sentral Bangkanai.

(Baca: Pemerintah Ancam Cabut Izin 13 Kontraktor Migas)

Dia menyebut dari 11 WK yang tersebut, ada lima yang akan ditawarkan melalui lelang reguler. Sedangkan enam WK sisanya dilakukan penawaran langsung. Blok Rupat Labuhan di Sumatera Utara yang rencananya akan ditawarkan langsung, akhirnya dilelang secara reguler karena pemiliknya telah berganti.

"Blok Rupat itu karena jadwalnya mundur. Jadwal mundur karena saham kepemilikan 100 persen pindah ke perusahaan baru dari Talisman ke Repsol," ujar dia. (Baca: Jual-Beli Blok Migas Akan Ditertibkan)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement