Ekonomi Melambat, Minat Investor Asing Tetap Tinggi

Yura Syahrul
5 Agustus 2015, 19:21
Pabrik Toyota
Donang Wahyu|KATADATA

KATADATA ? Minat investor asing terhadap Indonesia meningkat, kendati perekonomian nasional tengah dihadapkan pada laju pertumbuhan yang melambat.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi pada triwulan II tahun ini mencapai Rp 135,1 triliun. Angka ini meningkat 16,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang hanya Rp 116,2 triliun. Sedangkan jika dibandingkan triwulan I 2015 naik 8,4 persen.

Advertisement

Dalam kurun enam bulanan, realisasi investasi pada semester pertama tahun ini pun lebih tinggi 16,6 persen dibandingkan pencapaian pada semester satu tahun lalu. ?Yang menarik, minat investor asing semakin besar,? kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam dialog dengan pimpinan media massa di kantornya, Rabu (5/8).

Meningkatnya minat investor asing itu, tergambar dalam sejumlah indikator yang dirilis oleh BKPM. Dari peningkatan total realisasi investasi, jumlah penanaman modal asing (PMA) pada triwulan kedua 2015 ini naik 18,2 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) hanya naik 12,3 persen.

Jika dilihat dalam periode enam bulan dari Januari hingga Juni 2015, investasi PMA pun naik 16,1 persen dari tahun sebelumnya. Meski begitu, dalam periode yang sama, kenaikan investasi PMDN lebih tinggi dibanding PMA, yaitu mencapai 17,4 persen.

Dengan adanya kenaikan realisasi investasi tersebut, maka tingkat penyerapan tenaga kerja pun meningkat, baik secara kuartalan (5,7 persen) maupun per semester (12,3 persen).

Indikator lain yang menunjukkan masih besarnya minat investor asing ke Indonesia, yakni jumlah investasi untuk proyek baru semakin meningkat dibandingkan dengan proyek perluasan. Realisasi investasi baru PMA yang dalam kurun 2010-2014 hanya 57,8 persen, pada semester pertama tahun ini mencapai 82,5 persen.

Dalam hal pemerataan lokasi investasi, realisasi investasi di luar Jawa pun lebih tinggi 25 persen  dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement