Proyek Kereta Cepat di Bawah Supervisi Sekretaris Kabinet

Image title
Oleh
11 Agustus 2015, 11:43
Katadata
KATADATA
Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

KATADATA ? Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan berada di bawah supervisi Sekretariat Kabinet. Pengawalan tersebut agar proyek yang diperkirakan memakan anggaran Rp 60 triliun itu menguntungkan Indonesia.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, pihaknya ingin memastikan agar pembangunan proyek infrastruktur tersebut bisa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Ada empat fokus yang diminta Presiden, yakni adanya penguatan BUMN Indonesia, terjadinya proses transfer teknologi, penggunaan komponen lokal secara optimal, serta terbangunnya kawasan strategis.

Advertisement

Bagi Indonesia, lanjut dia, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan suatu terobosan dalam paradigma pembangunan infrastruktur. ?Pembangunan infrastruktur, khususnya dalam hal transportasi yang merupakan sarana membangun konektivitas, sangatlah penting,? kata Andi seperti dikutip dari situs setkab.go.id, Selasa (11/8).

(Baca: Konsorsium China Railway Akan Garap Kereta Cepat)

Rencananya, proyek kerjasama antara BUMN dengan konsorsium China Railway itu akan memulai pembangunan (groundbreaking) pada bulan ini, dan ditargetkan selesai dalam tiga tahun. Proyek akan dibangun sepanjang 150 km dari Halim ke Bandung, dan terhubung ke Gambir dengan jaringan yang sudah ada.

Akan ada delapan stasiun yang dibangun, dan laju yang diperkirakan nantinya mencapai 300 km per jam. Hasil studi Bappenas sebelumnya memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut mencapai Rp 60 triliun. (Baca: PT KAI Tak Dilibatkan dalam Proyek Kereta Cepat)

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement