Pemerintah Akan Impor 300 Ribu Sapi

Aria W. Yudhistira
18 Agustus 2015, 13:54
Katadata
KATADATA
Aktivitas bongkar sapi impor asal Australia di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta beberapa waktu lalu.

KATADATA ? Pemerintah akan mengimpor 300 ribu sapi sampai akhir tahun 2015. Impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan daging nasional yang pada akhirnya dapat menyetabilkan harga daging sapi.

"Jadi kemarin Menteri Pertanian dan saya sudah bicara, dan kami siap untuk guyur pasar. Sisa tahun ini impor 200 ribu sampai 300 ribu ekor," kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Selasa (18/5).

Harga daging sapi di pasar melonjak ke kisaran Rp 110 ribu sampai Rp 12 ribu per kilogram (kg) sejak menjelang lebaran lalu. Bahkan di beberapa tempat harganya sempat menyentuh Rp 140 ribu per kg.

(Baca: Impor Sapi Tak Terhindarkan)

Menurut Thomas, pemerintah tidak senang dengan lonjakan harga daging sapi tersebut. Makanya, pemerintah memilih mengimpor sapi, dan juga akan melakukan operasi pasar.

Dia berharap, lewat operasi pasar diharapkan dapat menurunkan harga daging sapi. Dengan begitu, dapat mengurangi penimbunan daging sapi.

"Kami siap guyur pasar supaya penimbun stok ini juga berpikir dua kali. Begitu guyur harga akan anjlok, yang timbun itu mengalami kerugian finansial cukup berat," ujar dia.

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...