Pemerintah Akan Bentuk BUMN Khusus Panas Bumi

Safrezi Fitra
19 Agustus 2015, 17:41
Katadata
KATADATA
Proyek panas bumi Pertamina di Kamojang, Jawa Barat

KATADATA ? Presiden Joko Widodo mewacanakan pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Khusus untuk kegiatan usaha panas bumi atau Geothermal. Pembentukan BUMN khusus dianggap penting, mengingat potensi Geothermal yang ada di Indonesia sangat besar sampai 29 ribu megawatt (MW).

"(Geothermal) ini kekuatan yang besar. Kalau diperlukan, dibuat BUMN khusus untuk Geotermal," kata dia di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (19/8).

Pemerintah juga akan memberikan dukungan penuh jika BUMN khusus panas bumi ini jadi dibentuk. Jokowi menjanjikan BUMN ini bisa diberikan insentif dan kemudahan dalam mengembangkan energi panas bumi di Tanah Air. Salah satu insentif yang akan diberikan adalah dengan menaikkan tarif listrik agar pembangunan pembangkit panas bumi bisa lebih menarik.

Insentif memang sangat diperlukan bagi panas bumi, mengingat investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan energi ini sangat besar. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sempat menjelaskan investasi yang dibutuhkan untuk pengeboran satu sumur panas bumi saat ini mencapai US$ 10 juta atau sekitar Rp 130 miliar.

(Baca: Lelang Lima Pembangkit Panas Bumi, Pemerintah Janjikan Insentif)

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan wacana pembentukan BUMN khusus panas bumi ini sebenarnya sudah lama, tapi hingga kini belum juga terealisasi. Dia menyebut sudah ada BUMN yang mengembangkan energi panas bumi. Namun, status hukumnya bukan BUMN khusus, melainkan anak usaha BUMN yang bergerak di sektor minyak dan gas bumi.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...