Audit Petral Akan Selesai Oktober 2015

Safrezi Fitra
24 Agustus 2015, 15:24
pertamina donang.jpg
KATADATA/

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menyatakan audit terhadap PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) hampir selesai. Hasil auditnya akan segera diumumkan pada Oktober 2015.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto memastikan jika nantinya dalam hasil audit tersebut ditemukan ada tindakan pelanggaran hukum, pihaknya tidak akan segan untuk menindaknya. "Kalau ada yang tidak sesuai hukum, ya dilakukan tindak lanjut," kata dia kepada Katadata beberapa waktu lalu.

(Baca: Tim Reformasi Migas: Reorganisasi ISC Bisa ?Hidupkan? Lagi Petral)

Menurut dia, hasil audit ini akan mengetahui seperti apa kegiatan yang dilakukan Petral, termasuk pengadaan minyak untuk dalam negeri. Ini akan bisa menjawab pertanyaan masyarakat selama ini mengenai Petral

Dwi memberitahukan audit investigasi Petral ini dilakukan oleh Kordamentha. Kordamentha merupakan perusahaan forensik keuangan yang berpusat di Australia. Audit ini dilakukan dengan mencakup beberapa aspek, termasuk aspek keuangan. 

Pemerintah sempat menduga bahwa pembelian minyak yang dilakukan Petral, banyak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu. Hal ini jelas terlihat pada diskon yang didapat Petral dari pembelian minyak. Setelah perombakan direksi Pertamina akhir tahun lalu, Petral bisa mendapat diskon pembelian minyak hingga US$ 1,5 per barel. Padahal sebelumnya diskon yang didapat hanya US$ 40 sen.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...