Lino: Jonan Setuju Hutchinson Perpanjang Kontrak JICT

Safrezi Fitra
24 Agustus 2015, 18:31
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Richard Joost Lino mengaku Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah menyetujui perpanjangan kontrak pengelolaan Jakarta International Container Terminal (JICT). Hutchinson Port Holding bisa kembali mengelola JICT dalam 20 tahun mulai 2019.

Lino mengatakan persetujuan tersebut didapat setelah dirinya bertemu dengan Jonan pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut Lino menjelaskan kepada Jonan bahwa tidak ada pemindahan aset JICT kepada Hutchison, semua murni pengelolaan bersama.

"Kami (Lino dan Jonan) menyetujui bahwa tidak ada transfer aset (JICT kepada Hutchinson), sekarang kami (Pelindo II) berharap ada landasan hukum yang kuat (untuk perpanjangan kontrak JICT)," kata Lino di hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (24/8).

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut Lino dan Jonan berhasil menemukan 15 kesepakatan yang sempat menjadi pertentangan antara Pelindo II dengan Kementerian Perhubungan. Beberapa kesepakatannya adalah mengenai JICT, izin bongkar muat, pengerjaan 35 pelabuhan, hingga manifest barang-barang domestik.

Mengenai JICT, Jonan sempat menyurati Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan meminta agar JICT dikelola sepenuhnya oleh Pelindo II. Namun, kata Lino, semua perbedaan antara dirinya dan Jonan, bisa terselesaikan dengan pertemuan yang hanya berlangsung satu jam.

"Pak Jonan itu teman saya dari dulu, yang seolah-olah ada perbedaan mendasar antara saya dengan Pak Jonan, saya telah selesaikan semua," kata Lino. "Sekarang tinggal kami selesaikan dalam aturan yang lebih baik agar ke depan tidak ada perbedaan.?

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...