Sumur Tua di Blok Mahakam Masih Bisa Produksi 15 Ribu Barel Minyak

Yura Syahrul
31 Agustus 2015, 16:30
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Menyusutnya produksi minyak dan gas bumi (migas) sulit dihindari di tengah tren penurunan tajam harga minyak dunia tahun ini. Perusahaan migas tentu memilih mengerem ekspansi usahanya karena margin keuntungannya menciut. Agar target lifting (produksi siap jual) migas bisa dipenuhi, pemerintah dapat berharap dari produksi minyak sumur-sumur tua. Salah satunya Lapangan Handil di Blok Mahakam.

Tahun ini, lapangan migas yang dikelola oleh Total E&P Indonesie tersebut memasuki usia yang ke-40 tahun. Meski sudah berusia uzur, sumur tersebut masih bisa memproduksi minyak dan kondensat sebesar 15 ribu barel per hari, serta associated gas (gas bumi yang terdapat bersama-sama minyak bumi) sebanyak 30 juta kaki kubik.

Advertisement

Lapangan Handil ditemukan pada Maret 1974, dan mulai berproduksi pada Juli 1975 silam. Lapangan ini berada di ujung delta Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, di antara pulau-pulau berlumpur yang sebagian tertutup lapisan tebal pohon nipah. Luas lapangan ini sekitar 40 kilometer persegi dengan cadangan minyak terletak di zona utama yang berada pada kedalaman antara 1.500 - 2.700 meter di bawah permukaan tanah.

Pada masa puncaknya, sekitar akhir tahun 1977, Lapangan Handil mampu memproduksi minyak rata-rata 194 ribu barel minyak per hari. Adapun total produksinya selama 40 tahun mencapai 900 juta barel (termasuk kondensat)  dan lebih dari 1,879 TCF (triliun kaki kubik) gas alam. Bandingkan dengan produksi Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu, yang kini menjadi tumpuan pencapaian produksi minyak nasional, akan mencapai puncak produksinya sebesar 205 ribu barel per hari pada bulan Desember mendatang.

President & General Manager Total E&P Indonesie Hardy Pramono mengatakan, tidaklah mudah mengelola sumur tua migas. "Perlu upaya ekstra untuk menjaga integritas sumur-sumur itu dan penerapan inovasi teknologi supaya tetap dapat beroperasi secara maksimum dan aman baik,? katanya dalam siaran pers, beberapa hari lalu.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement