Kelola Blok Mahakam, Pertamina Mungkin Tak Dapat Aset Total

Yura Syahrul
7 September 2015, 15:04
pertamina donang.jpg
KATADATA/

KATADATA ? Proses negosiasi pengalihan pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur dari Total E&P Indonesie dan Inpex Corp. Kepada PT Pertamina (Persero) akan segera rampung. Hasil negosiasi tersebut kemungkinan tidak termasuk tukar guling aset Total dan Inpex dengan Pertamina.

Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro menegaskan, tidak ada kewajiban bagi Total dan Inpex menyerahkan aset lain yang dimilikinya kepada Pertamina. Jadi, penukaran aset tersebut hanya tergantung kesepakatan semua pihak. "Itu dibicarakan business to business. SKK Migas akan mengikuti keputusan pemerintah saja,? katanya kepada Katadata, Senin (7/9).

Advertisement

Hal tersebut berbeda dengan keinginan pemerintah. Sebelumnya, pemerintah mempersilakan setiap kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) minyak dan gas bumi (migas) untuk memperpanjang masa kontraknya yang akan berakhir. Namun, para kontraktor itu harus menukarkan aset migas yang dimilikinya dengan Pertamina. Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menyatakan, skema tukar guling aset tersebut merupakan upaya pemerintah untuk turut berperan membesarkan Pertamina. (Baca: Perpanjang Kontrak Blok Migas, KKKS Bisa Tukar Aset dengan Pertamina

Kontrak pengelolaan Blok Mahakam oleh Total dan Inpex akan berakhir tahun 2017. Pemerintah sudah memutuskan Pertamina bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan mendapat jatah saham sebesar 70 persen. Sisanya, 30 persen saham diberikan kepada Total dan Inpex sebagai operator lama Blok Mahakam.

Kepala Unit Pengendalian Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widhyawan Prawiraatmaja menyatakan, Direktorat Jenderal Migas bersama SKK Migas terus memantau perkembangan pembagian saham di Blok Mahakam. Sampai saat ini pembahasan telah mengalami kemajuan. Bahkan, dalam waktu dekat akan ditandatangani kesepakatan kontrak atau Head of Agreement (HoA) antara Pertamina dan para mitranya untuk mengelola Blok Mahakam.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement