Ditegur Rizal dan Jonan, Pertamina Mulai Turunkan Harga Avtur

Safrezi Fitra
30 September 2015, 18:38
Katadata
KATADATA

KATADATA – Setelah diminta dua menteri, PT Pertamina (Persero) akhirnya mulai menurunkan harga bahan bakar pesawat (avtur). Namun, penurunan harga ini baru bisa dilakukan pada Bandar Udara Soekarno Hatta. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan penurunan harga tersebut sebesar 5,23 persen terhadap harga riil dalam denominasi dolar Amerika Serikat (US$). Artinya harga Avtur untuk Bandara Soekarno Hatta turun menjadi US$ 4,41 sen per liter, dari sebelumnya US$ 45,9 sen per liter.

“Penurunan harga Avtur di Bandar Udara Soekarno-Hatta mulai berlaku pada 1 Oktober 2015. Ini merupakan langkah awal untuk penyesuaian harga Avtur di Indonesia,” ujar dia berdasarkan keterangan resmi Pertamina, Rabu (30/9).

Penurunan harga ini, kata Wianda, hanya akan diberlakukan di pada bandara Soekarno Hatta saja. Bandar udara lain malah dilakukan sebaliknya. Ada kenaikan harga avtur di bandara lain sekitar 1,31 persen. Alasannya, harga Avtur di pasar global saat ini mengalami kenaikan. Kebutuhan avtur di bandara Soekarno Hatta mencapai 40 persen total konsumsi avtur dalam negeri.

Persentase penurunan harga avtur di Bandara Soekarno-Hatta ini juga lebih rendah dari yang diminta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli. Beberapa pekan lalu Rizal mengatakan harga avtur yang dijual Pertamina 22 persen lebih mahal dibandingkan harga di negara lain.

Rizal mengakui bahwa harga di Indonesia tidak akan bisa sama dengan di luar negeri, karena pemerintah menetapkan pajak pertambahan nilai atas avtur yang dijual. Namun, seharusnya perbedaaan harga ini tidak terlalu jauh, karena besaran pajaknya hanya 10 persen. Atas dasar ini, Rizal meminta Pertamina setidaknya bisa mengurangi harga avtur sebesar 12 persen.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...