Pemprov Kaltim Tunggu Pertamina Bicarakan Blok Mahakam

Safrezi Fitra
2 Oktober 2015, 16:24
Awang Faroek AK
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan akan menemui PT Pertamina (Persero) untuk membicarakan saham Blok Mahakam. Dalam pertemuan ini, Pemprov Kaltim akan meminta Pertamina membantu menalangi pendanaan jatah sahamnya di blok migas tersebut.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek belum bisa memberitahukan kapan pertemuan dengan Pertamina akan dilakukan. Pihaknya masih menunggu kesiapan Pertamina untuk membicarakan hal tersebut. Pertemuan ini juga akan difasilitasi oleh pemerintah.

"Kami dapat 10 persen tapi keuangan lewat pemerintah dan Pertamina, itu yang akan kami bicarakan. Kami masih menunggu pembicaraan dengan Pertamina," kata dia di Gedung Dhanapala, Jakarta, Jumat (2/10).

(Baca: Masih Ada Hambatan Dalam Pembahasan Blok Mahakam)

Pemerintah telah memutuskan bahwa Pemprov Kaltim mendapat jatah saham 10 persen di Blok Mahakam. Namun, untuk mendapatkan saham tersebut, Pemprov Kaltim dilarang bekerjasana dengan pihak swasta. Kaltim juga tidak diperbolehkan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Meski demikian, pemerintah memberikan opsi lain, yakni dengan meminta Pertamina menalangi dana tersebut. Pembayarannya bisa dicicil dari bagi hasil yang didapat Pemprov Kaltim dari setiap migas yang diproduksi Blok Mahakam. Alhasil, Pemprov Kaltim pun hanya mengandalkan Pertamina untuk mendanai seluruh jatah sahamnya di Blok Mahakam.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...