Penjualan Rendah, Target Produksi Mobil 2015 Sulit Tercapai

Aria W. Yudhistira
6 Oktober 2015, 17:20
Penjualan Mobil
KATADATA | Arief Kamaludin
Pameran dan penjualan mobil di salah satu mal di Jakarta, beberapa waktu lalu.

KATADATA - Perusahaan otomotif nasional pesimistis target produksi mobil sebesar 1,6 juta unit pada tahun ini bisa tercapai. Perlambatan ekonomi yang menekan daya beli masyarakat membuat penjualan kendaraan roda empat menurun.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Noegardjito mengatakan, sampai Agustus produksi kendaraan roda empat baru mencapai 740 ribu. Tingkat produksi ini berbanding lurus dengan realisasi penjualan yang hanya mencapai 671 ribu unit selama delapan bulan, atau turun 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Ini target tidak akan bisa tercapai. Amat susah ini,” kata Noegardjito seusai diskusi di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (6/10). (Baca: Pengusaha Menilai Paket Jilid II Tak Cepat Atasi Masalah)

Noegardjito menjelaskan, saat ini Gaikindo masih menargetkan penjualan otomotif sebesar 950 ribu hingga 1 juta unit hingga akhir tahun ini. Namun hal itu pun bukan perkara gampang untuk tercapai, terutama dengan pola penjualan saat ini yang jauh di bawah penjualan tahun lalu.

Dia berharap upaya pemerintah mempercepat penyerapan anggaran dapat memacu penjualan otomotif. “Pasti itu akan berpengaruhlah. Proyek infrastruktur akan berpengaruh terhadap penjualan truk, lalu staf dan pekerja itu juga mampu membeli mobil,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...