Potensi Tambahan Cadangan Migas 5,2 Miliar Barel

Safrezi Fitra
6 Oktober 2015, 17:35
Ketua KEN Andang Bachtiar
Arief Kamaludin|KATADATA
Ketua Komite Energi Nasional (KEN) Andang Bachtiar

KATADATA - Komite Eksplorasi Nasional (KEN) mengidentifikasi adanya potensi penambahan cadangan migas nasional sebesar 5,2 miliar barel setara minyak. Rinciannya terdiri dari 2,7 miliar barel minyak dan 14 triliun kaki kubik gas.

Ketua KEN Andang Bachtiar mengatakan potensi cadangan migas ini berasal dati 108 struktur sumur penemuan migas (discovery) yang sudah terbukti, berdasarkan data terakhir pada awal 2015. “Akan tetapi belum ditingkatkan statusnya menjadi cadangan nasional,” ujar Andang dalam keterangan pers yang diterima Katadata, Selasa (6/10).

Advertisement

(Baca: Pertamina Targetkan Penemuan Cadangan Migas 90 Juta Barel Tahun Ini)

KEN, kata Andang, telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang memiliki sumur-sumur discovery tersebut. Pertemuan ini dilakukan sebagai tahap awal untuk melakukan pendataan mengenai masalah-masalah apa saja yang menghambat penemuan cadangan migas baru ini belum masuk dalam cadangan nasional.

Selain penemuan sumur-sumur baru tersebut, ada juga 120 struktur sumur yang sebenarnya sudah menjadi target eksplorasi KKKS. Target tersebut berupa prospek-prospek sumur migas dari berbagai KKKS yang telah dibor dan ada indikasi kandungan migas didalamnya. Namun, KKKS masih enggan melakukan uji coba lanjutan untuk lebih mengeksplorasi sumur tersebut. Potensi cadangan migas dari 120 struktur sumur ini mencapai 16,6 miliar barel setara minyak.

(Baca: Pengusaha Kesulitan Menemukan Cadangan Migas Baru)

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement