Kaji Ulang Pengembangan Blom Masela, ESDM Pakai Konsultan Independen

Safrezi Fitra
7 Oktober 2015, 12:20
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggandeng konsultan independen melakukan kajian, sebagai pertimbangan untuk memutuskan proyek Blok Masela. Tujuannya untuk mendapatkan keputusan yang terbaik terkait revisi rencana pengembangan (PoD) I Blok Masela.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan permintaan menggunakan konsultan independen tersebut langsung dari Menteri ESDM Sudirman Said. Sudirman meminta kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dan Dirjen migas untuk mencari konsultan independen yang berkelas internasional.

"Menteri ESDM meminta SKK Migas dan Dirjen Migas mencari konsultan independen dengan reputasi world class yang dapat memberikan rekomendasi profesional," kata dia kepada Katadata, Rabu (7/10).

(Baca: Pemerintah Diminta Utamakan Efek Berantai di Blok Masela)

Kajian ini terkait revisi PoD I yang diajukan Inpex untuk Blok Masela. Inpex ingin menambah kapasitas fasilitas gas Blok Masela dengan skema pengolahan gas cair terapung (FLNG), dari 2,5 juta metrik ton per tahun (MTPA), menjadi 7,5 juta MTPA. Penambahan kapasitas ini terkait ditemukannya cadangan gas baru di blok migas tersebut dari 6,05 triliun kaki kubik (TCF) menjadi 10,73 TCF.

(Baca: Sudirman Said Lebih Percaya Hitungan SKK Migas soal Blok Masela)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...