Dua Menteri Berseteru, Inpex Yakin Proyek Blok Masela Sesuai Jadwal

Yura Syahrul
15 Oktober 2015, 14:41
Inpex
KATADATA
Inpex

KATADATA - Polemik rencana pengembangan Blok Masela di Laut Arafura telah memicu perseteruan terbuka antara Menko Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam (SDA) Rizal Ramli dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Meski begitu, Inpex Corporation sebagai operator atau pengelola blok kaya gas bumi ini optimistis kondisi tersebut tidak akan berpengaruh terhadap jadwal proyek.

Corporate Manager Communication Inpex Corporation Ari Nouvel mengatakan, rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) Lapangan Abadi, Blok Masela, akan bisa diselesaikan sebelum tahun ini berakhir. Selanjutnya, Inpex Masela Ltd selaku operator langsung Blok Masela, berharap bisa menuntaskan tahap keputusan final investasi atau Final Investment Desicion (FID) pada tahun 2018.

Advertisement

"Terkait dengan jadwal proyek, sampai saat ini masih tetap sama,” katanya kepada Katadata, Kamis (15/10). Kalau PoD dan FID itu bisa berjalan sesuai rencana, maka proyek pengembangan Blok Masela akan rampung tahun 2024 mendatang. Jadi, pada saat itulah Lapangan Abadi, Blok Masela, memulai produksi pertamanya.

Saat ini, manajemen Inpex masih menunggu keputusan pemerintah terkait dengan penetapan PoD Blok Masela. “Seperti diketahui, revisi POD sudah direkomendasikan oleh SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) kepada Mentri ESDM. Kami menunggu persetujuannya," ujar Ari.

(Baca: Kaji Ulang Pengembangan Blom Masela, ESDM Pakai Konsultan Independen)

Seperti diwartakan Katadata sebelumnya, Kementerian ESDM tengah mencari konsultan independen bertaraf internasional untuk mengkaji proposal PoD Blok Masela yang telah diajukan Inpex Masela dan disetujui oleh SKK Migas pada 10 September 2015. Alhasil, persetujuan dan penetapan PoD Blok Masela kemungkinan baru dilakukan dua bulan mendatang atau akhir tahun ini.

(Baca: ESDM Targetkan Kajian PoD I Blok Masela Selesai Dalam 2 Bulan)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement