Awal 2016, Cadangan Migas Nasional Bertambah 580 Juta Barel

Safrezi Fitra
20 Oktober 2015, 19:35
Migas
Katadata | Dok.

KATADATA - Komite Eksplorasi Nasional (KEN) menyatakan cadangan minyak dan gas bumi (migas) nasional akan bertambah 580 juta barel setara minyak. Penambahan cadangan migas nasional ini mulai terhitung pada 1 Januari 2016. 

Ketua Komite Eksplorasi Nasional (KEN) Andang Bachtiar mengatakan temuan cadangan tersebut merupakan tindak lanjut dari adanya identifikasi penemuan sumur-sumur migas baru. Cadangan migas tersebut berasal dari tujuh sumur.

"Penambahan cadangan nasional ini dicapai karena kerja keras SKK Migas dan Ditjen Migas yang didukung oleh KEN dalam penetapan PoD (rencana pengembangan blok migas) tahun 2015," kata dia di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin Malam (19/10).

KEN juga telah mengidentifikasi adanya potensi cadangan migas nasional sebesar 5,2 miliar barel setara minyak. Rinciannya terdiri dari 2,7 miliar barel minyak dan 14 triliun kaki kubik gas. Potensi ini berasal dari 108 struktur sumur penemuan migas (discovery) yang sudah terbukti. Temuan ini berdasarkan data terakhir pada awal 2015.

(Baca: Potensi Tambahan Cadangan Migas 5,2 Miliar Barel)

Selain penemuan sumur-sumur baru tersebut, ada juga 120 struktur sumur yang sebenarnya sudah menjadi target eksplorasi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas. Target tersebut berupa prospek-prospek sumur migas dari berbagai KKKS yang telah dibor dan ada indikasi kandungan migas didalamnya.

Meski demikian, indikasi kandungan migas tidak dikembangkan lebih lanjut oleh KKKS. Kontraktor masih enggan melakukan uji coba lanjutan untuk lebih mengeksplorasinya dan menganggap sumur tersebut tidak prioritas. Padahal, potensi cadangan migas dari 120 struktur sumur ini mencapai 16,6 miliar barel setara minyak.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...