Ekonomi Kuartal III Tumbuh 4,85 Persen, BI: Bunga Turun kalau Didukung Data

Yura Syahrul
23 Oktober 2015, 12:48
Bank Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Indonesia

KATADATA - Bank Indonesia menilai pertumbuhan ekonomi pada semester II hingga akhir tahun nanti akan lebih baik. Meski begitu, bank sentral masih mengkaji pelonggaran kebijakan moneter berupa penurunan suku bunga acuan BI rate karena melihat kondisi ekonomi global tetap berisiko.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2015 sebesar 4,85 persen. Ini lebih baik dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal I dan kuartal II lalu yang masing-masing 4,7 persen dan 4,67 persen. Namun, ini sedikit lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun lalu yang sebesar 4,9 persen.

Advertisement

Jika dihitung sejak awal tahun ini, ekonomi sudah tumbuh 4,74 persen. Adapun BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini berkisar 4,7 persen hingga 5,1 persen. “Fundamental ekonomi Indonesia membaik,” kata Agus seusai rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Kamis malam (22/10).

(Baca: BI Kembali Merevisi Target Pertumbuhan Ekonomi 2015)

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi pada paruh kedua tahun ini akan lebih baik karena terutama didukung oleh meningkatnya penyerapan belanja pemerintah. Padahal, di saat yang sama, banyak negara-negara ekonomi berkembang mengalami perlambatan ekonomi. “Indonesia masuk turning point dengan pertumbuhan ekonomi lebih baik,” ujar Agus.

(Baca: Bank Dunia: Kuartal Ketiga Awal Pertumbuhan)

Sebelumnya, Bank Dunia juga melihat belanja pemerintah untuk pembangunan infrastruktur dasar telah mendorong investasi dan mengerek pertumbuhan ekonomi. Alhasil, Bank Dunia menaksir pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III tahun ini sebesar 4,8 persen. Ini menjadi pijakan awal pertumbuhan ekonomi Indonesia setelah lesu terseret kondisi ekonomi global. Meski begitu, ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini diperkirakan hanya mencapai 4,7 persen.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement