Chevron Komitmen Lanjutkan Investasi di Indonesia

Safrezi Fitra
27 Oktober 2015, 12:14
Chevron
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA - Meski memutuskan untuk pulang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan, Presiden Joko Widodo sempat bertemu dengan petinggi perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika Serikat Chevron Corporation. Dalam pertemuan tersebut Chevron mengapresiasi kinerja pemerintah dan berkomitmen untuk terus melanjutkan investasinya di Indonesia.

Pertemuan  (one to one meeting) tersebut bertempat di Lee Drawing Room, Blair House, pada Senin (26/10) pukul 10.45 waktu setempat  dengan Executive VP Chevron James Johnson. Pertemuan berlangsung kurang lebih selama 20 menit. (Baca: Jokowi akan Bertemu Petinggi Perusahaan Migas di Amerika)

 Saat menerima pimpinan Chevron, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Duta Besar RI untuk AS Budi Bowoleksono. 

Menteri ESDM Sudirman Said  mengatakan Chevron memberi penekanan beberapa hal. Salah satunya Chevron menyatakan komitmennya untuk terus berinvestasi dan melanjutkan usahanya di Indonesia yang sudah berjalan hingga 90 tahun. Perusahaan ini juga menyarankan pemerintah membuat regulasi yang jelas untuk pengembangan energi panas bumi, agar investor tertarik di bisnis ini.

“Mereka punya 40.000 karyawan, 97 persen putra-putri Indonesia. Mereka berkomitmen untuk terus membangun kemampuan SDM (sumber daya manusia) di Indonesia,” kata Sudirman kepada Katadata, Selasa (27/10).

(Baca: Izin Operasi Chevron Terganjal, Negara Merugi Hampir Rp 1 Triliun)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...